Penayangan

Sabtu, 28 Januari 2017

Pengembangan infra struktur destinasi Wisata Borobudur

Kawasan wisata Borobudur dibuat rencana induk 2025 dengan meningkatkan kualitas infrastruktur jalandi seluruh kabupaten di Kawasan Candi Borobudur dan kawasan pendukungnya serta pengamananSungai Progo dan Ello.Selain itu, rencana pengembangan Borobudur 2015-2019 adalah program preservasi rutin JalanParakan-Secang- Magelang-Yogyakarta dan optimalisasi IPLT Kota Magelang.Kemudian pada 2017 pemeliharaan sembilan jalan termasuk Jalan Keprekan-Borobudur. (Ridwan AjiPitoko; Hilda B Alexander;

http://properti.kompas.com/read/2016/10/28/200000021/ini.rencana.pembangunan.infrastruktur.di.d

anau.toba.borobudur.dan.mandalika)

Disamping itu Kemenhub berencana mereaktivasi kembali lintas kereta api Yogyakarta-Magelang yang telah berhenti beroperasi sejak 1978. Demikian disampaikan Menhub Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerja di Yogyakarta (7/11). Untuk memacunya Menhub mengecek sejumlah titik perlintasanKA yang ada dan alternatif titik perlintasan KA Yogyakarta-Magelang.Dalam peninjauannya, Budi didampingi Dirjen Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjono dan Dirut PT KAI
Edi Sukmoro. Menhub menyatakan reaktivasi jalur lintas KA Yogyakarta-Magelang dilanjut sampai keBorobudur untu mendorong turis khususnya yang ke Candi Borobudur. "Rencana reaktivasi ini supaya
Borobudur lebih laku", ujar Budi Karya.
Dikatakan Menhub, Candi Borobudur termasuk titik destinasi wisata yang diutamakan selain DanauToba di Sumatra Utara dan Mandalika di Lombok. Tapi persoalan aksesibilitas transportasi menjadi suatu kendala yang dihadapi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur."Kita pikirkan aksesibilitas yang integrated tergabung dengan titik2 daerah wisata. Jika ada konektivitas  rel, KA bisa ke Candi Borobudur, Solo, Jogja dengan frekuensi tinggi sehingga turis punya banyak pilihan,ini menjadi pusat2 ekonomi yang bagus," ucap dia melalui pers rilis Kemenhub.Ke depan Solo-Jogja- Borobudur diintegrasikan ke Semarang yang punya wisata bahari. Tapi, upaya reaktivasi perlintasan KA Yogyakarta-Magelang ini persoalan tidak mudah. Ini karena ada bangunan2
yang berdiri dan menjadi tempat tinggal. Jika rencana reaktivasi ini dilanjutkan, menimbulkan persoalan
finansial dan sosial yang berat di masyarakat.

. (http://mediaindonesia.com/news/read/76307/reaktivasi-jalur-kereta- api-jogja- magelang-selesai- 2019/2016-11- 08)
Hasil gambar untuk pengembangan infrastruktur borobudur
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts