Penayangan

Jumat, 17 Maret 2017

Liburan Hemat ke Pulau Komodo

1. Transportasi
Perjalanan ke Taman Nasional Komodo tergolong cukup panjang. Anda harus terlebih dahulu terbang ke Bandar Udara Komodo yang terletak di Labuan Bajo lalu menyewa kapal ke Taman Nasional Komodo. Selain penerbangan direct (langsung) atau pun transit di Bali, terdapat beberapa alternatif rute yang bisa Anda pilih namun dengan konsekuensi waktu tempuh yang lebih lama.
Jika Anda berasal dari Indonesia bagian barat, Anda bisa terbang ke Surabaya dan melanjutkan perjalanan darat dan laut ke Bali, lalu terbang ke LBJ dari sana. Ingin lebih murah? Anda bisa terbang ke Lombok dari Surabaya, lalu melanjutkan dengan perjalanan darat dan laut selama lebih kurang 24 jam melintasi Pulau Sumbawa hingga ke Pelabuhan Labuan Bajo.
Jika Anda tidak mempunyai cukup uang untuk menyewa kapal sendiri, Anda dapat mencari operator tur lokal dan minta untuk diikutsertakan dalam open trip mereka. Banyak orang juga menyarankan naik kapal rakyat menuju Pulau Rinca dengan biaya yang jauh lebih murah, namun konsekuensinya Anda tidak bisa berkeliling ke pulau lain. Saran kami, lebih baik Anda berusaha mencari harga tiket pesawat murah dengan Skyscanner ketimbang melewatkan pengalaman live on board di area Taman Nasional Komodo.

2. Akomodasi
Umumnya, pengunjung menggunakan kapal yang sudah dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki semacam kamar yang dapat digunakan untuk tidur. Ini lah yang disebut “live on board” (LoB). Biaya sewa kapal sekaligus penginapan bervariasi, tergantung besarnya kapal dan durasi menginap.
Untuk kapal sederhana berkapasitas 5 orang dengan durasi perjalanan 2 hari 1 malam, biaya sewanya sekitar Rp 2.5 juta, sementara kapal yang lebih besar mengenakan harga sewa mulai dari Rp 3.5 juta. Jika Anda ingin puas berkeliling, maka 3 hari 2 malam adalah waktu yang paling ideal. Biaya sewa kapal sudah termasuk makanan dan minuman selama trip berlangsung.

3. Aktivitas
Perjalanan menjelajahi Taman Nasional Komodo mulai pada pagi hari sekitar pukul 06.00 WITA. Jika Anda tiba di Labuan Bajo setelah jam itu, sebaiknya Anda berkeliling dulu ke beberapa objek wisata lain di sekitarnya, seperti Pantai Pede, Goa Batu Cermin, Air Terjun (Cunca) Wulang, dan Cunca Rami. Di malam hari, Anda bisa menyantap ikan bakar di pinggir laut.
Beberapa pantai dan pulau yang umumnya turis kunjungi adalah Pulau Komodo dan Pulau Rinca untuk melihat Komodo, Pantai Merah yang terkenal dengan warna pasir pantainya yang tampak merah muda, serta Pulau Kambing dan Pulau Kelor di mana Anda bisa snorkeling atau sekadar bersantai di pantai cantik.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Blog Archive