Penayangan

Rabu, 01 Maret 2017

Pengembangan Kawasan Danau Toba Terhalang Fasilitas dan Infrastruktur

Dalam dunia pariwisata akses jalan dan jaringan telepon sangatlah penting, karena kedua hal tersebut adalah salah satu faktor utama dalam pengembangan objek daerah tujuan wisata. Tetapi dewasa ini faktor jalan dan jaringan telepon ini kurang di perhatikan oleh pemerintah dan penduduk sekitar objek daerah tujuan wisata. Sehingga banyak jalan yang rusak dan membuat kesan yang kurang baik bagi wisatawan yang berkunjung ke objek daerah tujuan wisata tersebut.
Sedangkan kurangnya pemanfaatan jaringan telepon di suatu objek daerah tujuan wisata dapat memperlambat perkembangan objek daerah tujuan wisata tersebut. Dalam hal ini tidak hanya peran pemerintah dan masyarakat setempat saja yang di butuhkan tetapi peran pihak swasta juga sangat di butuhkan dalam pengembangan jaringan telepon untuk mempromosikan objek daerah tujuan wisata tersebut.
Untuk kesekian kalinya, kondisi infrastruktur jalan menjadi sumber utama keluhan. Pelaku pariwisata menilai buruknya infrastruktur menjadi kendala utama pengembangan sektor pariwisata. Menurut Asosiasi Travel Indonesia (Asita), sebagian besar wisatawan khususnya asing sering mengeluhkan lamanya jarak tempuh menuju objek wisata karena infrastrukturnya kurang memadai.
Menyoroti soal infrastruktur, keluhan yang disampaikan sektor pariwisata hanyalah satu dari kendala yang pasti dialami berbagai sektor lain. Infrastruktur adalah lokomotif pengembangan dan pertumbuhan di semua sektor kehidupan, terutama ekonomi. Bahkan, ada ungkapan yang menyebutkan bahwa "pertumbuhan ekonomi mengikuti panjang jalan.
Tertinggalnya infrastruktur menyebabkan rendahnya potensi pengembangan ekonomi suatu objek daerah tujuan wisata. Sarana telekomunikasi sangat penting peranannya demi membuka informasi dan komunikasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat dan wisatawan yang ingin berkunjung ke objek daerah tujuan wisata, dan diharapkan kepada pemerintah objek daerah tujuan wisata tersebut untuk serius merespon,penggunan fasilitas komunikasi dengan jangkauan yang luas tarif khusus/murah, program tersebut juga merupakan salah satu peluang terbukanya lapangan pekerjaan yang nantinya memprioritaskan SDM di objek daerah tujuan wisata tersebut.
Dapat kita simpulkan bahwasanya keberadaan jalan dan jaringan komunikasi penting sekali keberadaanya, karena dua fasilitas tersebut sangat berguna bagi keberlangsungan pariwisat disuatu tempat. Keberaaanya pun dapat dikembangkan dan dapat ditingkatkan sebagai daya tarik tentunya sehingga wisatawan merasa nyaman berada disana tanpa ada merasa gangguan ataupun kesusahan dalam komunikasi.
Dalam pengelolaan yang baik, sarana jalan dapat menjadi jalur pariwisata yang dapat dijual, seperti jalur tour sepeda di yang dapat dijadikan even tahunan. Dibutuhkan pengelolaan yang baik demi terwujudnya hal tersebut. Yang tidak kalah pentingnya adalan sarana komunikasi yang bersifat masal dan menyeluruh, seperti keberadaan internet di kawasan pariwisata dan pemberdayaan masyarakat sekitar dalam pemakaian internet dalam menjual kawasannya sebagai objek pariwisata.
sumber : http://uwizusu.blogspot.co.id/2009/12/jalan-jaringan-telepon-dan-fasilitas.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Blog Archive