Penayangan

Rabu, 01 Maret 2017

KULINER KHAS DANAU TOBA

1. MIE GOMAK

Hasil gambar untuk MIE GOMAK 


Mie Gomak adalah makanan yang terkenal sebagai masakan khas daerah dari tanah Batak,Toba meliputi semua daerah Batak Toba, dan juga menjadi masakan khas di Sibolga dan Tapanuli.
Mengenai asal usul sebutan untuk menu ini beragam versi.
Sebagian menyebutkan, mungkin karena cara penyediaannya digomak-gomak (digenggam pakai tangan) hingga sampai saat ini disebut mie gomak, meskipun pada akhirnya tidak menggenggamnya dengan tangan di saat menghidangkannya.
Juga sering disebut spageti Batak karena mirip dengan spageti dari Itali, bentuknya mirip seperti lidi.
Mie yang sudah direbus biasanya dibuat terpisah dengan kuah dan sambalnya. Meski banyak ragam untuk membuat menu makanan khas Batak ini, ada yang menggunakan kuah ada juga dibuat seperti mie goreng. Rasanya sangat unik apabila mie gomak dicampur dengan bumbu dari tanah Batak yakni andaliman.
sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Mie_Gomak

2.ARSIK IKAN MAS 

Hasil gambar untuk arsik ikan mas 

Arsik Ikan Mas hasil dari danau yang diolah dengan cara yang khas:arsik.Arsik ikan mas adalah salah satu makana yang terkenal di kawasan Toba,Samosir,Ikan mas ini biasanya tidak dibuang sisiknya melainkan langsung dilumuri bumbu kuning yang menggunakan bumbu khas Sumatra Utara seperti andaliman.

3. KUE LAMPET





Hasil gambar untuk kue lampet




Kue lampet (kadang dibaca kue lappet), adalah jajanan  tradisional khas Batak yang berasal dari Tapanuli.
kue ini biasanya dibentuk menyerupai limas dan dibungkus daun pisang, proses pembuatannya tidak begitu rumit, dimulai dari tepung beras, kelapa parut yang tidak terlalu tua, dan dicampur. Menyusul parutan gula aren atau gula merah, dan air secukupnya. Setelah merata seluruh adonan, kemudian dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus hingga matang, dan proses pembuatan kue ini hampir mirip dengan pembuatan kue ombus ombus.
sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Kue_lampet.

4. GORENG GADONG

Hasil gambar untuk goreng gadong 
salah satu jajanan pasar yang sempat saya cicipi di rumah teman saya di Balige, mereka menyebutnya kue goreng gandong. Mirip dengan lampet, makanan yang satu ini juga terbuat dari campuran tepung beras dan parutan kelapa yang diisi gula aren. Hanya saja, kue ini dimasak dengan cara digoreng.



sumber : http://www.hipwee.com/travel/kuliner-khas-toba-samosir-yang-wajib-jajal-saat-bertandang-ke-sana/

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll

About

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.

Blog Archive

Popular Posts

Blog Archive